BPK PERWAKILAN SULAWESI UTARA MENYERAHKAN LHP LKPD TA 2019 KABUPATEN DAN KOTA SERENTAK

Manado, 11 Mei 2020

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Wilayah Provinsi Sulawesi Utara dilaksanakan secara serentak melalui kegiatan Video Conference pada Senin 11 Mei 2019. Penyerahan dilaksanakan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara Bapak Karyadi, S.E., M.M.,  Ak., CA., CFrA., CSFA kepada Ketua DPRD dan Bupati dan Walikota di Wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan juga disaksikan secara virtual oleh Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey.

Adapun perolehan Opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2019 adalah:

No. Pemerintah Daerah Opini No. Pemerintah Daerah Opini
1 Kabupaten Minahasa WTP 9 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara WTP
2 Kabupaten Kepulauan Sangihe WTP 10 Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan WTP
3 Kabupaten Bolaang Mongondow WDP 11 Kabupaten Bolaang Mongondow Timur WTP
4 Kabupaten Minahasa Utara WTP 12 Kota Manado WTP
5 Kabupaten Minahasa Selatan WTP 13 Kota Bitung WTP
6 Kabupaten Minahasa Tenggara WTP 14 Kota Tomohon WTP
7 Kabupaten Kepulauan Talaud WTP 15 Kota Kotamobagu WTP
8 Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro WTP

Kepala Perwakilan dalam sambutannya menyatakan pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) harus dibarengi dengan peningkatan tingkat kesejahteraan masyarakat, yaitu penurunan angka kemiskinan, penurunan angka pengangguran, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dan Penurunan Gini Rasio. Karena pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) akan kurang mempunyai makna apabila tidak memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat.