Ditama Renvaja Laksanakan Diseminasi Pedoman Pemeriksaan Kinerja Serta Evaluasi Keterterapan Panduan Desain Pemeriksaan Kinerja di BPK Sulut

MANADO –  Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi dan Kebijakan Pemeriksaan Keuangan Negara (Ditama Renvaja) melaksanakan Kegiatan Diseminasi Pedoman Pemeriksaan Kinerja Serta Evaluasi Keterterapan Panduan Desain Pemeriksaan Kinerja di BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (BPK Sulut) selama dua hari bertempat di Auditorium BPK Sulut. Kegiatan ini diikuti oleh Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Pemeriksa di lingkungan BPK Sulut.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, dan Kebijakan Pemeriksaan Keuangan Negara Novy Gregory Antonius Pelenkahu dan Kepala Direktorat Analisis Kebijakan Pemeriksaan Keuangan Negara Selvia Vivi Devianti secara daring.

Diseminasi ini diharapkan dapat mengubah pola pikir kita pada saat melaksanakan pemeriksaan kinerja. Pemeriksaan kinerja bertujuan memberikan nilai tambah dan perbaikan kepada entitas melalui rekomendasi yang bermanfaat Ucap Novy Kaditama Renvaja dalam pembukaannya.

Sebelumnya, Kepala Subauditorat Sulut 1 Coreman Maruli Tua dan Kepala Subauditorat Sulut II Arief Prasojo memberikan pemaparan terkait prakitk penerapan pemeriksaan kinerja yang ada di BPK Sulut. Dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Ditama Renvaja. Pada hari pertama (02/10) materi yang disampaikan adalah terkait Juklak Pemeriksaan Kinerja dan Panduan Area Kunci yang dipaparkan oleh Fauzan Yudo Wibowo Kepala Subdirektorat Analis Kebijakan Pemeriksaan Kinerja, Hery Wahyu Wibowo Kepala Seksi Standardisasi Pemeriksaan Kinerja, dan Wahyudi Pemeriksa Ahli Muda pada Subdirektorat Analisis Kebijakan Pemeriksaan Kinerja.

Selanjutnya, pada hari kedua (03/10) materi yang dipaparkan adalah Pelaksanaan Evaluasi Keterterapan Panduan dan Desain Pemeriksaan Kinerja. Materi disampaikan oleh Kusumaningsih Analis Kebijakan Muda pada Subdirektorat Analisis Kebijakan Pemeriksaan Kinerja dan Eko Prastiyo Analis Kebijakan Muda pada Subdirektorat Analisis Kebijakan Pemeriksaan Kinerja.

“Setelah diadakan diseminasi ini diharapkan Pemeriksa di BPK Sulut dapat meningkatkan pemahaman dalam melaksanakan pemeriksaan kinerja sehingga dapat meningkatkan kredibilitas, kualitas, dan profesionalisme dalam pemeriksaan” ujar Kepala Perwakilan Arief Fadillah dalam sambutannya.

Selama pemaparan, narasumber dengan peserta aktif berdialog untuk memperjelas materi yang disampaikan. Melalui kegiatan ini, diharapkan Ditama Renvaja dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan organisasi serta dapat langsung dilaksanakan oleh pemeriksa. Kegiatan diseminasi ditutup oleh Kepala Perwakilan Arief Fadillah, dan diakhiri dengan foto bersama.