Australian National Audit Office (ANAO) Memberikan Knowledge Transfer Sharing kepada BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara

MANADO – Rabu, 10 Juli 2024 BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan kesempatan dalam kegiatan Financial Audit Coaching and Knowledge Transfer Session 2024 dari Senior Advisor ANAO untuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kristian Gage yang dilaksanakan di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Kristian adalah Direktur Eksekutif di ANAO. Kristian bergabung dengan ANAO pada tahun 1998 dan memiliki pengalaman dalam audit keuangan lebih dari 20 tahun pada entitas sektor publik di Australia. Pada Februari 2019, Kristian mulai berperan sebagai penasehat senior ANAO untuk BPK, membantu membangun kapasitas dengan penjaminan mutu dan dukungan audit melalui hubungan bilateral antara BPK dan ANAO. Kristian memiliki pengalaman audit laporan keuangan yang luas diseluruh portofolio audit laporan keuangan. Kristian adalah seorang Chartered Accountant (CA) dan memiliki gelar Bachelor of Commerce (Akuntansi) dan Magister Administrasi Publik.

Kepala Subauditorat Sulut I Coreman Maruli Tua mengucapkan selamat datang kepada Kristian Gage di Sulawesi Utara. “Kami berharap dengan diadakannya KTS ini dapat meningkatkan pemahaman auditor tentang bagaimana menyikapi permasalahan yang muncul, mengidentifikasi kebutuhan pemangku kepentingan dalam audit, dan menghasilkan laporan hasil audit yang berkualitas.” Ucapnya membuka acara tersebut.

Terdapat dua tema yang diberikan oleh Kristian Gage, yaitu Principles of Effective Report Writing dan Responding to Emerging Risk and Balancing Stakeholder Needs with Audit Priorities – The Anao Experience. Kegiatan KTS ini bukan pertama kalinya dilakukan di kantor BPK Perwakilan, sebelumnya telah ada beberapa perwakilan yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut diantaranya adalah BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu dan BPK Perwakilan Provinsi Bangka Belitung.

Selain Kristian Gage, Kepala Seksi Analis Pemeriksaan Keuangan dari Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, dan Kebijakan Pemeriksaan Keuangan Negara BPK RI Endra Noviandy Sujadi beserta dengan Dewi Rahandiani turut memberikan materi terkait Prinsip-Prinsip Penulisan Laporan yang Efektif.

Turut Hadir dalam Kegiatan ini Kepala Sekretariat Perwakilan Muhammad Hidayat, Kepala Subauditorat Sulut II Nurendro Adi Kusumo, Pemeriksa Madya Ansye Rombot, Perwakilan dari Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional Rizal Kuncoro Romadhon dan Afriyanti Diana dan seluruh pemeriksa di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Tentu dengan adanya kegiatan Knowledge Transfer Sharing bersama ANAO ini menambah wawasan para pemeriksa di BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, terlihat dengan adanya proses tanya jawab dari para peserta yang memberikan pertanyaan terkait               perbedaan kondisi pemeriksaan di Australia dengan Indonesia.

ANAO turut mempertahankan integritas kelembagaan yang kuat. Hal ini sangat penting bagi operasi dan reputasi ANAO. Kerangka kerja ini berfungsi untuk membantu dalam pengambilan keputusan etis dan pengelolaan risiko, penipuan, dan pelanggaran.